Monitoring system menggunakan terminal di linux ubuntu

jumpa lagi kawan, selamat datang di blog ini. pada kesempatan ini, kita masih bermain main di terminal linux. kali ini aku akan membahas tentang cara memonitoring sistem menggunakan terminal. bagi pengguna windows mungkin sudah tidak asing lagi dengan windows task manager, yang fungsinya dapat mengetahui kinerja komputer, baik itu penggunaan prosesor, ram, mengetahui aplikasi yang sedang berjalan, dan sebagainya. lalu bagaimana jika kita menggunakan linux?

Bagi pengguna linux, khususnya ubuntu sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk monitoring sistem diantaranya

  • Monitoring System
  • top
  • Htop
baiklah berikut ini penjelasannya.

1. System Monitoring

System Monitoring merupakan software atau aplikasi yang sudah tersedia secara default atau sudah langsung ada ketika menginstal sistem operasi ubuntu. kalian cukup melakukan pencarian dan mengetikkan system monitoring, maka aplikasi tersebut akan muncul, kemudian jalankan aplikasi tersebut dengan cara mengekliknya. berikut ini gambarnya

2. Top

jika kalian sudah tidak sabar ingin menggunakan terminal sebagai pilihan. kalian bisa buka terminal dan mengetikkan perintah berikut ini.
top
di bawah ini merupakan contoh gambar terminal yang sedang menjalankan perintah top untuk memonitoring sistem yang sedang berjalan.

3. Htop

ingin lebih keren? tenang, htop bisa menjawabnya. htop memiliki tampilan lebih berwarna dibandingkan dengan top. jika htop belum terinstall di komputer kalian, kalian bisa menginstallnya terlebih dahulu.
sudo apt install htop
jika kalian sudah menginstallnya, kalian bisa mengetikkan perintah berikut ini.
htop
selamat kalian sudah berhasil memonitoring sistem menggunakan terminal di linux ubuntu.

sekian tulisanku kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih dan sampai jumpa


EmoticonEmoticon