Fish, membuat terminalmu lebih interaktif

Pada kesempatan ini aku akan memberikan materi tentang fish. Fish memiliki kepanjangan friendly interactive shell. Dari namanya saja, para pembaca sudah bisa menebak apa itu fish. mengutip dari website resminya, "fish is a smart and user-friendly command line shell for Linux, macOS, and the rest of the family." yang artinya fish adalah baris perintah yang cerdas dan ramah pengguna untuk Linux, macOS, dan anggota keluarga(turunan) lainnya. kalian bisa mengunjungi website resminnya di fishshell.com.

fish mendukung fitur-fitur canggih seperti penyorotan sintaksis, sugesti otomatis, dan pelengkapan tab yang bisa berfungsi, tanpa perlu mempelajari ataupun menghafalkan peintah perintah linux secara menyeluruh, cukup mengetikkan beberapa huruf awal perintah, maka fish akan langsung memberikan saran perintah secara otomatis. kalian bisa mencoba dan mempelajarinnya disini

baik langsung saja, ke pembahasan inti, secara default linux ubuntu menggunakan bash sebagai shell nya. maka dari itu untuk menggunakan fish kalian harus menginstalnya terlebih dahulu.

sudo apt-get install fish

jika sudah terinstall, silahkan restart terminal kalian, tutup lalu buka lagi terminalnya. welcome to fish, the friendly interactive shell. fish siap digunakan.

untuk mengecek versi fish yang digunakan

fish --version

berikut contoh penggunaan fish dengan fiturnya auto sugestion

sekian tulisanku kali, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih sudah mampir.


EmoticonEmoticon