Cara Mudah mengecek Kesehatan baterai di Linux Ubuntu Menggunakan Terminal

selamat datang pengguna open source, sudah hampir dua tahun aku nggak nulis karena banyak kesibukan. terakhir nulis yaitu pada saat smk, saat ini, saat tulisan ini dibuat, aku adalah mahasiswa semester 3 di salah satu universitas di surabaya. beberapa bulan terakhir, aku telah berpindah kelain hati, dari pengguna jendela kemudian beralih menggunakan pinguin sebagai sistem operasi utamaku. jadi untuk selanjutnya, blog ini akan berisi tentang tutorial linux dan pemrograman.

pada kesempatan ini aku akan membagikan cara untuk mengecek status baterai atau kesehatan baterai. apakah kalian sangat sering menggunakan laptop hingga lupa waktu, atau kalian merasa baterai laptop kalian cepat habis hingga kalian penasaran, seberapa sehat sih baterai laptop kita, hehe, kayak manusia aja. ada beberapa cara untuk mengecek status baterai laptop di terminal ubuntu kalian. namun kali ini aku akan membagikan tutorial khusus mengecek status baterai menggunakan acpi.

jika anda belum pernah menginstal acpi, maka langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menginstal acpi di terminal kesayangan kalian

 sudo apt install acpi 

baiklah, apabila sudah terinstal, kalian bisa menjalanakan beberapa perintah berikut ini untuk mengetahui status baterai

1. mengetahui status dan presentase baterai
acpi
ketika dalam kondisi dicas atau dicolokkan ke listrik
ketika dalam kondisi sedang tidak dicas

2. untuk mengetahui versi acpi yang terinstal,

acpi -v

3. ini dia untuk mengetahui tinggal seberapa sehat sih baterai anda. design capacity menunjukkan kapasitas awal baterai kalian, dapat dikatakan buatan pabriknya, kemudian last full capacity adalah kapasitas baterai anda saat ini yaitu daya tampung yang dapat disimpan baterai anda. disampingnya juga ada presentasenya.

acpi -i 

4. jika kalian ingin melihat langsung keseluruhan informasi baterai tanpa ingin ribet, anda bisa mengetikkan perintah berikut ini, V nya menggunakan huruf besar yaa, kalo v nya huruf kecil nanti yang muncul versionnya.

acpi -V 

baiklah sekian tutorial dariku, terima kasih, semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon