Cara mengubah Ip Address di Linux Debian

Tags

Halllo Sahabat Jks, bagaimana kabarnya, Semoga baik-baik saja. kali ini aku akan membagikan artikel tentang bagaimana cara mengubah Ip Address di Sistem Operasi Debian. Jika anda belum mengerti sistem operasi debian, anda bisa membacanya di Pengertian dan sejarah Debian. Untuk Langkah-langkah menginstalnya anda juga bisa membacanya di Cara Menginstal Debian. IP Address merupakan identitas atau alamat bagi sebuah perangkat jaringan yang terhubung dengan jaringan. Pada linux perangkat jaringan anda akan diberikan identitas yaitu bernama eth. Jika anda memiliki lebih dari satu NIC maka pemberian identitas pada NIC akan di mulai dari angka nol ( 0 ). Misalnya eth0, eth1, eth2, dst.
PERINTAH YANG DI GUNAKAN UNTUK KONFIGURASI
Adapun file yang akan kita lakukan konfigurasi dan perintahnya adalah :
* Nano /etc/network/interface ==> file konfigurasi utama ip address.
* /etc/init.d/interface restart ==> perintah untuk melakukan restart.
* Ifconfig ==> perintah untuk mengecek konfigurasi IP Address.

LANGKAH KERJA
1.Silahkan anda masuk kedalam desktop dan selanjutnya anda buka root terminal anda. Caranya klik Applications >> Accessories >> Root terminal.


2.Kita akan melakuka cek terlebih dahulu apakah NIC kita sudah dikenali seluruhnya oleh linux Debian. ketikkan perintah
ifconfig


3. Selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi IP Address dengan menggunakan perintah
nano /etc/network/interfaces
Kemudian tekan enter untuk melanjutkan.

4. Ketikkan konfigurasi seperti pada gambar berikut ini. jika anda menggunakan IP Address sendiri maka sesuaikan dengan jaringan yang akan anda rancang. Jika sudah simpan dengan menekan tombol Ctrl+X kemudian y dan enter untuk menyimpan.

5. Selanjutnya lakukan restart konfigurasi anda agar langsung di terapkan oleh system linux anda. Dengan menggunakan perintah
/etc/init.d/networking restart
6. Selanjutnya kita akan melakukan cek apakah IP Address yang baru saja kita konfigurasi sudah di terapkan dalam linux anda. Kita gunakan perintah ifconfig sekali lagi untuk melakuakan pengecekan.
Sampai pada langkah ini konfigurasi IP Address anda selesai di lakukan. Jika anda menggunakan vmware maka saya sarankan untuk melakukan reboot terlebih dahulu. kemudian anda cek. Agar konfigurasi anda benar-benar di terima oleh linux debian.

sekian artikel yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.
sumber: jksprofessional.blogspot.com

5 Comments

thanks infonya :D boleh nih ane coba

Makasih artikelnya sangat membantu

Mantab banget tutorialnya.. penjelasan step by stepnya detil banget... terima kasih

terimakaisih untuk tutorial nya.
http://bit.ly/2QrOJqD


EmoticonEmoticon