Cara Mudah Menginstal Debian Lengkap Dengan Gambar

Tags

Hallo saudaraku semuanya, setelah kemarin aku menjelaskan apa itu debian. kali ini aku akan menjelaskan bagaimana cara menginstal debian beserta gambarnya.
Sebelum melakukan konfigurasinya maka anda harus melakukan installasi system operasi debian terlebih dahulu. Untuk melakukan installasi maka anda harus menyiapkan DVD binary 1. Karena pada debian 7 ini terdapat 4 buah paket DVD yang dapat anda gunakan. Akan tetapi untuk melakukan installasi system operasinya hanya membutuhkan DVD binary 1. Silahkan anda siapkan computer anda dan atur boot priority pada DVD Rom anda. anda juga bisa menginstal debian menggunakan vmware. vmware merupakan aplikasi yang digunakan sebagai virtual sistem operasi. baiklah mari kita mulai langkah-langkahnya:
1. Atur boot priority pada computer anda sehingga boot yang pertama berada pada DVD Rom. Kemudian masukan DVD binary 1 untuk anda gunakan sebagai media installasi dan tunggu hingga tampilan seperti gambar berikut ini. Silahkan anda pilih menu install menggunakan tombol arah panah yang ada pada keyboard dan tekan enter untuk memulai proses installasi.

2. Tentukan bahasa yang akan anda gunakan selama proses installasi berlangsung. Sebagai contoh di sini saya memilih English, tekan enter untuk melanjutkan.
3. Tentukan di mana anda tinggal. Karena pada opsi ini Indonesia tidak ada maka saya memilih other, lalu tekan enter untuk melanjutkan.
4. Pilih Negara tempat anda tinggal masuk pada benua apa?. Karena kita tinggal di Indonesia maka kita masuk pada benua Asia. Pilih Asia dan tekan enter untuk melanjutkan.
5. Baru kemudian anda pilih Indonesia dan tekan enter untuk melanjutkan.
6. Tentukan local setting untuk debian server anda. Pilih United States dan tekan enter untuk melanjutkan.
7. Tentukan type keyboard yang anda gunakan. Karena kita tinggal di Indonesia maka type keyboard yang umum di gunakan adalah type qwerty. Silahkan anda pilih American Engglish dan tekan enter untuk melanjutkan.

8. Tentukan nama hostname dari computer server anda. Hostname ini berfungsi untuk identitas computer anda di dalam jaringan nantinya. Anda bebas bisa memberi nama apapun, jika sudah tekan enter untuk melanjutkan.

9. Tentukan nama domain anda.

10. Tentukan password root. Password adalah salah satu password yang digunakan oleh seorang super user atau yang di windows di sebut sebagai administrator, untuk melakukan installasi dan konfigurasi terhadap system linux anda. Perlu anda ingat password ini buat seunik mungkin dan jangan sampai mudah di tebak oleh orang lain. Jika sudah anda isi tekan enter untuk melanjutkan.

11. Tentukan user name yang akan di gunakan untuk login.

12. Tentukan password untuk user yang baru saja anda buat tadi, usahakan password tidak sama dengan password root. Tekan enter untuk melanjutkan.

13. Tentukan lokasi zona waktu anda. Tekan enter untuk melanjutkan.

14. Selanjutnya adalah proses pemartisian. Disini saya akan melakukan pemartisian secara manual. Saya sarankan anda menggunakan hard disk yang masih kosong untuk melakukan percobaan ini. Karena jika anda salah maka data anda akan hilang, atau anda menggunakan aplikasi VmWare. Pilih manual kemudian tekan enter untuk melanjutkan.

15. Maka jumlah hard disk keseluruhan anda akan kelihatan seluruhnya. Karena saya di awal mengalokasikan sebanyak 21.5 Giga. Maka disini akan tampil seperti pada gambar di bawah ini. Pilih dan tekan enter untuk memartisi hard disk anda.

16. Karena kita akan membuat partisi baru maka pilih create a new partition kemudian pilih enter untuk melanjutkan proses pemartisian.

17. Tentukan jumlah partisi yang akan anda gunakan untuk system ( / ) anda. Sebagai contoh saja disini saya menggunakan 10GB. tekan enter untuk melanjutkan.

18. Tentukan type partisi yang baru saja anda buat. Sebagai contoh disini saya menggunakan prymary tekan enter untuk melanjutkan. Jika anda ingin melakukan dua operating system dalam satu hard disk maka pilih logical.

19. Tentukan pula lokasi di mana partisi yang baru saja anda buat akan di tempatkan. Sebagai contoh di sini saya memilih beginning. Jika anda mengingginkan dua os dalam satu hard disk maka saya sarankan untuk memilih end. Tekan enter untuk melanjutkan.

20. pilih Done Setting up the partition kemudian tekan enter. Proses pembuatan partisi untuk system root atau dalam windows disebut dengan nama local disk C: telah selesai anda lakukan. 

21. selanjutnya buat partisi lagi untuk home (atau dalam windows disebut dengan nama local disk D: ) dengan cara yang sama, namun dengan type logical. Pilih menu done setting up the partition. Tekan enter untuk melanjutkan. 

22. Langkah selanjutnya kita akan membuat partisi untuk swap memory. Partisi ini digunakan untuk virtual memory pada linux. Sehingga jika memory anda kurang maka hard disk akan dapat digunakan sebagai virtual memory. Untuk membuat partisi aturannya adalah 2x memori utama. caranya sama dengan pembuatan partisi sebelumnya hanya saja pada langkah dibawah ini pilih yang paling atas yaitu menu use as:...
silahkan anda tekan enter.

23. Pilih menu pilihan swap area. Kemudian tekan enter untuk mengakhiri proses pembuatan partisi swap. kemudian tekan done setting the partition untuk melanjutkan.

24. Berikut ini adalah hasil dari pembuatan semua partisi yang telah anda lakukan. Semua proses pemartisian telah selesai anda lakukan, silahkan anda pilih menu Finish partitioning and write change to disk.

25. System akan meminta konfirmasi kepada anda apakah anda akan melakukan penyimpanan terhadap partisi yang telah anda lakukan di atas, pilih yes, dan tekan enter untuk melakukan perubahan pada hard disk anda.

26. System akan melakukan installasi system standart yang dibutuhkan oleh system operasi debian agar dapat berjalan. Proses ini akan berjalan secara otomatis sehingga anda tinggal menunggunya hingga selesai.

27. System meminta anda melakukan scaning terhadap semua DVD binary, perlu anda ingat debian tidak hanya terdiri dari 1 DVD. Untuk update semua program aplikasi yang include di dalamnya. Pilih no saja karena kita akan melakukan pendaftaran nantinya. Tekan enter untuk melanjutkan proses installasi.

28. System juga meminta anda untuk melakukan konfigurasi network mirror, tujuannya adalah untuk melakukan update aplikasi dan system serta security terbaru yang di sediakan oleh debian. Untuk memepercepat proses installasi kita pilih no dan tekan enter untuk melanjutkan proses installasi.

29. Debian sebagai system operasi yang terus berkembang dan bersifat terbuka maka mereka menyediakan sebuah survey, jika anda terkoneksi dengan internet tidak ada salahnya anda mencoba akan tetapi untuk menghemat waktu silahkan anda pilih no kemudian tekan enter untuk melanjutkan.

30. Di debian menyediakan banyak software yang anda perlukan kita akan melakukan installasi nanti supaya kita dapat meilih paket sotware yang sesuai dengan server kita. tekan enter untuk melanjutkan.

31. Setelah proses di atas selesai maka linux akan memberikan pilihan tentang melakukan pmasangan grub boot loader. Grub boot loader di gunakan untuk menggunakan lebih dari satu system operasi yang ada pada computer anda. Jadi jika di dalam hard disk anda sudah ada Microsoft Windows maka anda harus memasang grub boot loader. Tujuannya adalah agar Microsoft Windows anda juga dapat digunakan. Pilih yes kemudian tekan enter untuk mengakhiri proses installasi.

32. Kotak dialog yang menyatakan installasi telah selesai akan di tampilkan tekan enter untuk mengakhiri installasi.

33. Tunggu hingga computer restart dan debian akan meminta anda untuk login.

34. Dan inilah hasil akhirnya, Debian siap digunakan.

Copyright :JksProfessional.Blogspot.com
demikian langkah langkah menginstal debian yang dapat saya tulis semoga bermanfaat. untuk menghargai penulis jika copy paste silahkan menyertakan sumbernya yaitu: JksProfessional.blogspot.com

2 Comments

nice post gan, bwat pemula pindah haluan ke linux nih


EmoticonEmoticon